Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Istilah Sunda Gaul dan Unik





Istilah Sunda Gaul dan Unik 


Saatnya bagi kamu untuk mengenal beberapa istilah lain yang sangat Nyunda tapi sedang hip banget dan dijadikan istilah sehari-hari di kalangan anak muda kota Bandung. Yuk ah simak istilah-istilah dibawah ini, biar kamu jadi lebih “Bandung” banget deh!Istilah #1 : Singkatan semacam Etpis (Eta pisan)
Sekedar informasi lho, ternyata barudak Bandung hobi banget menyingkat kata-kata yang terdapat di percakapan sehari-hari, salah satunya adalah etpis yang merupakan singkatan dari kata eta pisan, dalam bahasa Indonesia berarti : itu banget! Biasanya nih ya kawans, kata eta pisan ini seringnya digunakan sebagai kata ganti setuju untuk suatu pernyataan.

Contoh percakapan sehari-hari :
A : Hari ini mendung ya? Males kemana-mana euy!
B : Etpis! Sama saya juga males pisan!

Istilah #2 : Apeu
Apeu sebenarnya merupakan sebuah kata serapan bagi bahasa gaul Bandung, teman. Tapi, kata apeu ini sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari barudak Bandung, bahkan sampai merebak hingga ke luar kota lho! Arti dari apeu ini dimaksudkan untuk mempersingkat kata “Apa sih kamu” dalam bahasa Sunda. Bila menyebut kata apeu ini, seakan-akan mata menyipit dan timbul tanda tanya besar di atas kepala.

Contoh percakapan sehari-hari :
A : Kamu punya obeng nggak?
B : Engga, kenapa emang?
A : Kalo nomer telepon punya kan? (gombalan standar)
B : Ah, apeu..! (dengan wajah malas menanggapi sang penggombal)

Istilah #3 : Akhiran “Lur” atau “Bray”
Belakangan ini, kalimat yang biasa diucapkan dalam percakapan sehari-hari bersama kawan sejawat dan seperjuangan biasanya diikuti oleh kata akhiran yang menunjukkan panggilan akrab terhadap sang lawan bicara, yaitu “Lur” dari kata dulur (berarti saudara) atau “Bray” yang merupakan pelesetan dari kata “Brother” dalam bahasa Inggris yang juga berarti saudara lelaki.

Contoh percakapan sehari-hari :
A : Iraha ka dieu, bray? (Kapan kesini, Bray)
B : Isukan ka dinya, Lur! (besok kesana, Lur!)

Istilah #4 : Meur atau kependekan dari kata Meureun
Yaps, satu lagi kata-kata gaul yang sering digunakan oleh anak gaul Bandung akhir-akhir ini adalah kependekan dari kata Meureun yaitu “Meur”. Arti dari meureun ini sendiri adalah mungkin/kemungkinan. Biasanya sih, kata ini sering digunakan oleh barudak Bandung saat sedang berbincang seru dengan teman-teman gengnya.

Contoh percakapan sehari-hari :
A : Saya pengen maen ke mall PVJ di Jalan Dago ah…
B : PVJ mah ada di Sukajadi meur! (sembari menatap tajam sang lawan bicara, karena dia salah menyebutkan nama jalan, seakan-akan ingin melempar kulkas ke arah sang kawan yang agak polos itu)

Nah, istilah-istilah Sunda gaul nan unik ini memang lagi merebak banget di kalangan anak muda kota Bandung, baik itu dalam percakapan sehari-hari atau hanya terdapat dalam status-status dalam jejaring sosial dunia maya. Ayo, ayoo, nggak susah kan buat menggunakan istilah unik Sunda yang Bandung banget ini? Tampak kocak, tapi jadi ciri khas tak tergantikan dari barudak kota kembang ini lho! Ehm, adakah yang memiliki istilah-istilah Sunda gaul lagi, pembaca?

1 komentar untuk "Istilah Sunda Gaul dan Unik"

  1. link alternatif sabung s12888 online laga ayam filipina & kolombia
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    BalasHapus